close

Lacak Mobil atau Kendaraan Lewat HP & GPS


Sebenernya ane ini lagi nyari sopwer pengaman rumah , kantor atau ruangan deh yang dianggap perlu diawasin dengan media webcam yang langsung bisa tersambung via internet yang bisa dikirim langsung
ke email atau ke Hape gitu... tapi eh malah ketemu info yang satu ni. Yaaaa k-lo di lihat dari kontennya sih gk cocok dengan apa yang ane cari, tapi ini penting juga nih info... walaupun udah lumayan kadaluarsa.... (Yaa brarti loe tuh dhank yang katrok, Hwehehehe.......) Gpp yeeee yang penting kan sekarang udah gk katrok lagi..... OK deh langsung aja kita simak, ni tulisan hasil googling ane. Jadi tinggal baca aja, dan ini masih asli blom editan jadi masih Ori dari Empunya. 
--------------------------------------------------------------------------------------
Jum'at, 24/04/09 13:40
Resep Antimaling Avanza-Xenia (2)
Lacak Mobil Lewat HP & GPS


OTOMOTIFNET - Salah satu metode efektif dan praktis untuk mengantisipasi pencurian, melengkapi kendaraan dengan pemantau mobil dari handphone (HP). Jadi apes-apesnya mobil digondol maling, Anda masih bisa melacak keberadaannya. Seperti UC-TRACK MS yang bisa melacak pergerakan mobil secara real time. Alat yang dibanderol Rp 3,5 juta ini melacak lokasi dengan fitur pengaman.

Peranti ini bekerja dengan sistem GPS (Global Positioning System) dan sinyal ponsel. Modul UC-TRACK MS menangkap sinyal GPS untuk menentukan lokasi mobil. “Selama mobil di bawah langit, bisa dilacak,” ujar Tonny Lo, pemilik gerai Unusual Creation di Mangga Dua Square, Jakut.

Posisi bisa diketahui pemilik mobil dengan ponsel. Dalam modul sudah ditanam SIM card GSM. Kirim SMS ke nomor GSM itu, modul akan menginformasikan posisi aktual mobil.

Beberapa fitur GSM pun ikut aktif. Dengan menelepon nomor GSM di modul, bisa mendengarkan suara di kabin mobil. Juga bisa mematikan mesin dengan mengirim perintah *MATI#. “Kalau aki dicabut, modul juga akan kirim report. Cabut aki ini kerap terjadi saat pencurian,” sambungnya.

Kalau punya HP dengan GPS, data koordinat mobil bisa dimasukkan buat tahu posisi aktualnya. Lalu bisa juga akses lewat internet di http://www.uc-track.com untuk mengetahui posisi mobil. Update posisi sesuai waktu yang diinginkan. Plus bisa mengetahui rute yang ditempuh mobil (track history) pada hari sama. Fitur tracking ini bebas biaya bulanan. “Hanya sekali daftar server di internet Rp 150 ribu. Selanjutnya tinggal menjaga aktivasi kartu GSM di modul, sekitar Rp 25 ribu sebulan,” beber Tonny.

Kalau enggak ada GPS, mobil juga bisa dilacak dengan sinyal GSM saja. Seperti yang dilakukan B-guard, alarm dan tracking yang bisa dioperasikan dengan segala jenis HP.
Modul alarm dilengkapi nomor GSM untuk mengirim dan menerima panggilan dan SMS. Panggilan dan SMS tersebut yang menginformasikan lokasi mobil, mengirim sinyal bila mobil dibuka, serta mematikan dan menghidupkan mobil dari jauh.

“Nomor GSM diberikan satu paket dengan modul alarm, dan langsung diberikan dengan sistem pascabayar. Jadi enggak perlu repot mengisi ulang, enggak bakal kejadian warning enggak bisa terkirim gara-gara kehabisan pulsa,” jelas Stanley Jayaprawira, president director The Bodyguard Indonesia (TBI).

Info posisi mobil dikirim dengan SMS. Tapi karena memakai sinyal BTS GSM, info lokasi tidak diberikan dalam bentuk alamat detail, hanya range area. “Untuk pengejarannya pemilik tinggal kontak TBI. Dari situ kita yang akan koordinasikan dengan kepolisian untuk pencariannya. Enggak masalah dimanapun lokasinya di seluruh Indonesia,” ujar Stanley.

Untuk pengaman, alarm juga terhubung dengan pintu-pintu mobil. “Kalau pintu dibuka, baik secara paksa ataupun normal, mobil akan memanggil HP kita,” jelas pria berpostur bongsor ini.
Kalau yang membuka orang lain, tinggal terima panggilan dan Anda bisa langsung memantau suara atau pembicaraan yang berlangsung dalam kabin. Kalau ternyata pencuri, tinggal kirim pesan pendek OFF untuk mematikan mesin. Mobil enggak bisa dihidupkan lagi, kecuali sudah ada perintah menghidupkan kembali dari ponsel pemilik mobil.

“Tapi pastikan tahu lokasi mobilnya dulu, baru matikan mesin. Takutnya kalau pencurinya sadar mesin enggak bisa hidup, lalu berhasil melacak lokasi dan memutus sambungan modul alarm. Semua langsung enggak bisa bekerja,” saran FX Heroe, marketing manager TBI.

Penulis       : Manut, NawiTa
Foto           : Uky
Sumber :  http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otonews/Content/0/0/1/7/4626

comments powered by Disqus
Next Prev
Branda
comments powered by Disqus